Masmun Personal Blog, Informasi Liburan dan Wisata

Pentingnya Istirahat dan Makan Teratur Meskipun Sibuk

Pernahkah Anda merasakan jatuh sakit setelah sibuk bekerja? Terkadang karena terlalu sibuk bekerja kita sering melupakan untuk mengisi perut kita dengan makanan, karena sibuk bekerja kita jadi telat makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Mungkin kalau hanya sekali atau dua kali lupa makan kita belum merasakan efek negatif pada tubuh kita. Tapi kalau hal ini berlangsung sering dan terus-menerus akibatnya kita bisa terkenan penyakit kambuhan seperti magh, kembung, masuk angin, dan mungkin typus. Jika sudah jatuh sakit biasanya kita baru ingat kalau kita sering lupa makan ketika sedang sibuk bekerja.
Penyakit Typus
Ilustrasi

Beberapa hari kemarin kebetulan saya baru mengalami hal seperti diatas, karena sering telat makan bahkan lupa tidak makan selama beberapa kali dalam satu minggu akhirnya penyakit lama itu datang lagi. Setelah sekian lama tidak pernah terkena typus ( terakhir kena waktu masih SD kelas 5 ) hari kamis Tgl 30 Mei 2013 lalu saya divonis dokter terkena Typus lagi. Menurut analisa dokter karena pekerjaan saya yang sering di lapangan membawa wisatawan menjadikan saya sendiri sering melupakan kondisi fisik sendiri yang kadang sudah drop dan perlu direcharge nutrisi tapi justru sibuk dengan urusan pekerjaan. Jika sudah begini mau tidak mau saya diharuskan untuk istirahat total minimal 3 hari dan pemulihan 3 hari. Saya masih merasa bersyukur karena walaupun sakit tapi tidak sampai harus dirawat di rumah sakit. Setelah menghabiskan obat dari dokter dan istirahat total 3-4 hari akhirnya saya bisa kembali beraktifitas seperti biasa walaupun untuk urusan luar masih saya pending dulu sementara sampai kondisi benar-benar pulih 100%.
Dari pengalaman saya minggu kemarin mengingatkan kita untuk selalu menjaga rutinitas dan kebiasaan baik dan mengurangi kebiasaan buruk. Kebiasaan baik itu seperti membiasakan sarapan pagi meskipun sibuk, sarapan pagi sangat baik untuk menjaga kondisi badan kita tetap fit dan terhindar dari gangguan penyakit seperti kembung, magh, dan masuk angin. Jika sudah tiba waktunya makan jangan ditunda-tunda karena akibatnya bisa malas makan dan kadang jadi melupakan sama sekali untuk makan. Selain itu juga perbanyak minum air putih karena air putih sangat baik bagi tubuh kita. Kebiasaan buruk itu seperti menunda-nunda makan karena pekerjaan yang tanggung, makan makanan yang tidak bergizi, dan sering minum minuman berpengawet. Semoga dengan minimal mengingat hal-hal kecil diatas kita bisa terhindar dari penyakit dan kegiatan kita juga tetap bisa berjalan lancar. Salam Hidup Sehat.

0 comments "Pentingnya Istirahat dan Makan Teratur Meskipun Sibuk", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

* Berkomentarlah yang sopan dan relevan
* Komentar menggunakan bahasa yang baku
* Tidak menaruh live link dalam komentar
* Komentar akan dimoderasi dahulu