Masmun Personal Blog, Informasi Liburan dan Wisata

Pulau Tidung Alternatif Wisata Selain Puncak

Kemanakah Anda biasa mengisi libur akhir pekan bersama keluarga? Gunung atau Pantai? Pulau Tidung dapat menjadi alternatif wisata selain ke Puncak. Bagi sebagian besar penduduk kota metropolitan Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan wisata Puncak Bogor. Namun dengan semakin banyaknya mobilitas ke daerah puncak pada akhir pekan perjalanan kesana menjadi sering membuat orang kesal karena jalanan yang macet bahkan sampai berjam-jam. Nah jika anda yang mungkin sudah jenuh dengan wisata puncak dan ingin mencoba wisata lain dapat memilih wisata ke pulau tidung sebagai alternatif liburan bersama keluarga dan rekan di akhir pekan.
Pulau Tidung Alternatif Wisata Selain Puncak
Daripada Bali mending ke Pulau Tidung saja -- Kompas.com

Pulau Tidung itu dimana?

Sebagian orang yang belum tahu pasti bertanya-tanya Pulau Tidung itu dimana? Pulau Tidung adalah pulau berpenduduk yang berada di wilayah kabupaten Kepulauan Seribu, letaknya di utara Jakarta dan masih masuk dalam perairan Teluk Jakarta - laut Jawa. Pulau Seribu biasa masyarakat menyebut Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai daerah dengan banyak pulau-pulau didalamnya, Pulau Tidung adalah salah satunya. Pulau Tidung masuk dalam wilayah kecamatan Kepulauan Seribu Selatan demikian juga untuk beberapa pulau tetangga seperti Pulau Payung, Pulau Pari, Pulau Lancang dan Pulau Untung Jawa.
Pulau Tidung adalah salah satu pulau terbesar diantara gususan kepulauan yang ada di Pulau Seribu sehingga tidak heran jika potensi alam yang dimiliki mempunyai kelebihan tersendiri. Pulau ini terbagi menjadi 2 pulau besar yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua Pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang memanjang dari ujung barat Pulau Tidung Kecil sampai Ujung Timur Pulau Tidung besar yang kemudian terkenal dengan nama "Jembatan Cinta".

Transportasi Kapal ke Pulau Tidung

Untuk mencapai Pulau Tidung dapat ditempuh melalui jalur laut dengan Kapal penyeberangan baik itu kapal feri tradisional, kapal dinas perhubungan, dan kapal speedboat dari Marina Ancol.
Transportasi kapal ke Pulau Tidung
  1. Kapal Feri Tradisional
    Kapal feri tradisional adalah kapal feri kepulauan seribu yang merupakan kapal milik masyarakat yang khusus melayani transportasi dari dan ke Pulau Seribu. Kapal feri tradisional ini adalah kapal kayu bermesin tunggal yang disetting untuk menggangkut penumpang dan juga bahan sembako ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dll. Untuk tujuan ke Pulau Tidung kapal feri tradisional ada yang berangkat dari Pelabuhan pelelangan ikan Muara Angke setiap hari pukul 07.00 - 07.30 pagi, ada juga yang berangkat dari Pelabuhan Rawa Saban - Paku Haji Tangerang setiap hari pukul 10.00 - 11.00 siang. Tarif penyeberangan kapal feri tradisional Rp. 33.000/orang + asuransi 2.000 untuk sekali jalan.
  2. Kapal Kerapu dan Kapal Lumba-lumba
    Kapal Kerapu dan Lumba-lumba adalah armada milik dinas perhubungan DKI Jakarta yang melayani rute antar pulau di Kepulauan Seribu. Kapal kerapu dan Lumba-lumba berangkat dari Pelabuhan KaliAdem -- Muara Angke setiap hari pukul 08.00 jika kondisi laut sedang bersahabat. Jika ingin naik kapal ini ke Pulau Tidung penumpang harus datang lebih awal untuk mengantri untuk mendapatkan tiket sesuai tujuan masing-masing. Selain ke Pulau Tidung kapal dinas perhubungan ini juga melayani rute ke Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Payung, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan. Tarif yang berlaku untuk ke Pulau Tidung dengan kapal kerapu maupun lumba-lumba adalah Rp. 52.000/orang sekali jalan.
  3. Kapal CitraJet
    Kapal CitraJet adalah kapal milik swasta yang bekerjasama dengan dinas perhubungan untuk melayani wisatawan khususnya ke Pulau Tidung. Kapal ini hanya beroperasi di akhir minggu atau pada libur-libur nasional jika permintaan pengunjung ke Pulau Tidung sedang tinggi. Kapal Citrajet berangkat dari pelabuhan KaliAdem sekitar pukul 08.00 - 09.00 pagi dengan rute utama langsung ke Pulau Tidung. Tarif kapal citrajet berkisar Rp. 210.000 - 250.000/orang pulang-pergi.
  4. Kapal Speedboat
    Kapal speedboat adalah kapal cepat yang dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta dalam hal ini adalah Sea Leader Marine dan melayani rute reguler ke Pulau-pulau di Kepulauan Seribu seperti ke Pulau Bidadari, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan.

Kegiatan Wisata apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Tidung

Sesuai daerah geografisnya Pulau Tidung mempunyai potensi wisata alam bahari yang kegiatannya bisa dibagi menjadi 3 kegiatan secara garis besar yaitu tracking ( jalan-jalan ), cycling ( sepeda santai ), dan snorkeling.
Kegiatan Wisata di Pulau Tidung
  • Tracking ( jalan-jalan ) adalah menyusuri setiap sudut Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil dengan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada seperti makam keramat, pembiakan mangrove, jembatan cinta, pantai perawan saung cemara, dll
  • Cycling ( sepeda santai ) adalah mengeksplorasi keindahan pantai dan jalanan Pulau Tidung dengan sepeda sembari hunting foto sebagai kenang-kenangan Anda selama berwisata disini. Pulau Tidung Besar dapat ditempuh selama sekitar 30 menit dari ujung timur ke ujung barat. Anda dapat bernostalgia dengan sepeda mini yang mungkin sudah jarang anda lakukan dalam keseharian Anda yang sibuk dengan rutinitas kerja di perkotaan.
  • Snorkeling adalah kegiatan olah raga di laut dengan perlengkapan khusus untuk snorkeling seperti masker, snorkel, fin, dan live jacket. Kita dapat menikmati indahnya terumbu karang dan juga berbagai ikan hias warna-warni yang hidup disekitar karang tersebut. Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Pulau Tidung jika tidak snorkeling sebab pengalaman wisata di laut semakin lengkap jika Anda bisa menikmati indahnya terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya bukan hanya pemandangan pantai dan sekelilingnya.
Selain kegiatan diatas Ada juga beberapa wahana water olah raga air lain yang dapat Anda nikmati bersama rekan dan keluarga seperti banana boat, water sofa, hantu laut, donat boat, kano, jetsky, sepeda air. Salah satu yang unik dari Pulau Tidung adalah jembatan cinta dan dari jembatan cinta ini wisatawan juga dapat mencoba adrenalin dengan melompat dari jembatan cinta yang dikenal dengan isitlah "Bridge Jumping" dari ketinggian sekitar 3 - 5 meter diatas lengkungan jembatan cinta.
Dari sekian banyak objek wisata di sekitar Jakarta, Pulau Tidung dapat menjadi alternatif wisata selain puncak dengan kelebihan dan kekurangannya. Bagi Anda yang berminat berkunjung ke Pulau Tidung dapat menghubungi penulis untuk informasi lengkap dan reservasi paket pulau tidung.

0 comments "Pulau Tidung Alternatif Wisata Selain Puncak", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

* Berkomentarlah yang sopan dan relevan
* Komentar menggunakan bahasa yang baku
* Tidak menaruh live link dalam komentar
* Komentar akan dimoderasi dahulu